Fakta Mengenai Cara Memasak Semur Ayam

1 min read

Fakta Mengenai Cara Memasak Semur Ayam – Cara memasak semur ayam yang sudah biasa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan masakan kecap manis. Sebagai seorang yang menyukai masakan semur ayam, pastinya Anda bisa membuatnya dengan baik. Namun, sebelum Anda memulai memasaknya Anda harus mengetahui beberapa fakta seputar semur ayam dan cara memasaknya. Agar tidak terjadi kesalahan saat memasak, dan masakan bisa selesai dengan sempurna. Adapun beberapa fakta tersebut antara lain:

Semur Ayam Kaya Rempah

Masakan semur ayam memang sangat terkenal dengan banyaknya variasi bumbu atau rempah, mulai dari kemiri, lengkuas, serai, daun salam dan masih banyak lagi. Sehingga, cita rasa masakan Indonesia semakin kuat.  Bahkan, semur ayam yang rasa dasarnya manis bisa juga dibuat pedas.

Bahan-bahan Cukup Mudah

Dengan bahan-bahan yang cukup mudah ditemui dan didapatkan, membuat cara memasak semur ayam tersebut semakin dipermudah. Bahan-bahan tersebut, memang bahan yang biasa dipakai untuk masakan sederhana sehari-hari.

Bahan Utama Kecap Manis

Sudah sangat dikenal, yang namanya jenis masakan semur menggunakan bahan utama kecap manis. Sehingga, sudah banyak yang mengetahui kalau semur ayam memang sedikit manis. Namun, bagi yang suka pedas bukan berarti semur ayam tidak ada rasa pedas atau campuran cabainya. Tapi bisa diberi agak banyak cabai, untuk penyuka pedas tersebut.

Padanan Masakan yang Bervariasi

Cara memasak semur ayam yang sudah sering dibuat oleh banyak orang, memiliki padanan bahan yang juga cukup bervariasi selain variasi bumbunya. Pembuatan semur ayam bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, bisa dengan kombinasi dengan tahu, kentang atau mungkin juga tempe. Cukup banyak bukan variasinya, pilih yang sesuai dengan menu keluarga Anda.

Tidak Hanya Daging tapi Juga Ati Ayam

Memasak semur ayam ternyata tidak hanya bisa dengan daging ayamnya saja, bahkan penggunaan ati ayam juga bisa dibuat sebagai semur ayam. Itulah uniknya, memasak semur itu tidak harus terpatok pada ayamnya saja. Tergantung dari inovasi Anda sendiri, dan cara ini adalah merupakan tren memasak baru bagi yang agak bosan dengan menu ayam yang penuh daging.

Pilihan Cara Memasak yang Berbeda

Ternyata memasak semur dari ayam ini juga memiliki variasi cara memasak yang berbeda-beda. Yaitu, ayam kecap pedas manis ataupun ayam kecap mentega. Fakta berikutnya yang menarik pada cara memasak semur ayam ini, pilihan lainnya selain ati ayam adalah jenis ayam kecap mentega. Pilihan seperti ini juga bisa memberikan alternatif untuk yang tidak terlalu suka manis dari semur, tapi menyukai bumbu dari semur tersebut. Sehingga, mengakali rasa gurih dengan mentega atau margarine pada ayamnya.

Pilihan Bentuk Ayam Sesuai Selera

Dalam membuat semur ayam, potongan ayamnya bisa beragam sesuai keinginan. Bisa dipotong-potong kecil ataupun ayam utuh seperti menggoreng ayam. Bahkan, ada juga variasi dari semur ayam yang disuwir-suwir. Hal tersebut tidak mengganggu kenikmatan dari semur ayamnya.

Penentuan Rasa yang Berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa rasa asli dari semur adalah manis. Namun, masalah rasa bisa diatasi dengan cara memasaknya. Jika ingin memunculkan rasa pedas, bisa menggunakan cabai keriting atau cabai rawit. Sedangkan, untuk yang menginginkan rasa gurih bisa menggunakan santan yang menggantikan posisi air. Yang makin membuat menarik, tambahkan sedikit petis atau terasi.

Dari beberapa fakta tersebut sudah cukup menjelaskan, bahwa semur ayam memang cukup variatif, sangat nikmat dan praktis. Oleh karena itu, jika Anda ingin segera memulai memasak maka Anda sudah memiliki panduan dan pedoman yang terbaik berdasarkan fakta yang ada. Dengan fakta-fakta yang disebutkan, terbukti cara memasak semur ayam tidaklah sulit.

SIN Writter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page